Peletakan Batu Pertama Kong Miao di TMII

20090224_kong-miao-tmii

 

 

 

JAKARTA (KONTEKAJA) – Meskipun hujan turun mengguyur sepanjang hari kemarin, peletakan batu pertama Kong Miao, Kelenteng Khonghucu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh Menteri Agama DR HM Maftuh Basyuni tetap berlangsung dengan khidmat.

Kong Miao atau kelenteng Khonghucu yang nantinya berdiri di areal Taman Bunga TMII ini terdiri atas 3 (tiga) bangunan yang semuanya menghadap Utara.

Bila dilihat dari arah Selatan, bangunan pertama atau paling kanan adalah bangunan dengan atap berbentuk lingkaran berdiameter 9 meter. Di dalam bangunan ini akan diletakkan altar nabi-nabi Ru Jiao. Sesuai bentuknya, bangunan ini melambangkan Tian, Tuhan Yang Maha Esa. Bangunan ini mempunyai 8 tiang, di mana masing-masing tiang akan ditulisi 8 Pengakuan Iman dalam agama Khonghucu.

Di bagian tengah agak ke belakang, diapit oleh dua bangunan lain adalah bangunan utama yang akan dikhususkan untuk altar Tian dan Nabi Khongcu, berukuran 18×12 meter. Bangunan terdiri atas 2 lantai. Lantai pertama, masuk ke dalam tanah kurang lebih 1,5 meter, terdiri atas ruang kantor, tamu, ruang rapat dan perpustakaan. Lantai kedua, khusus altar Nabi Khonghucu di bagian dalam dan altar Tian di bagian luar. Keseluruhan bangunan tengah ini melambangkan Ren, manusia. Bangunan ini juga mempunyai 8 tiang naga, yang masing-masing akan ditulisi: De, Zhi, Ren dan Yong serta 4 nama penegak utama agama Khonghucu: Yan Yuan, Zheng Zi, Zi Si dan Meng Zi. Di samping itu ada 12 tiang biasa, yang akan ditulisi 12 nama murid utama Nabi Khongcu.

Bangunan paling kiri agak ke belakang adalah bangunan berbentuk bujur sangkar berukuran 9×9 meter. Bangunan yang melambangkan Di, bumi atau semesta ini akan diisi dengan altar para Shen Ming yang terkait dan dihormati dalam agama Khonghucu. Bangunan ini mempunyai 8 tiang yang masing-masing akan ditulisi 8 Kebajikan.

Keseluruhan bangunan akan melambangkan keselaran atau keharmonisan hubungan antara Tian (Tuhan Yang Maha Esa), Di (Bumi dan Semesta) dan Ren (manusia). Sementara itu, tangga bangunan utama akan dibuat 17 trap dengan dilengkapi 8 tiang naga dan 45 rusuk atap. Kesemuanya menggambarkan tanggal keramat 17 Agustus 1945.  

Pemberian nama Kong Miao (kelenteng Khonghucu) sendiri merupakan penonjolan Nabi Khongcu atau Sheng Ren Kong Zi.

~ by MATAKIN on 26 February 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: